MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK FUNGSIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIP CLASS

  • Hasyuni hasyuni UPT SMP Negeri 2 Satap Baebunta Luwu Utara
  • Mansuarni Mansuarni UPT SMP Negeri 8 Satap Maiwa,Kab.Enrekang
  • Haryanto Haryanto UPT SMP Negeri Satap 8 Baraka Enrekang
  • Jenni Pannaco UPT SMP Negeri Satap 5 Penrang
  • Jelma Jelma SMAS Muhammadiyah Pakue
  • Mukhlis Mukhlis SMK Xaverius 1 Belitang
  • Oce tanah Saleh SMPN Satu atap 13 kolaka Utara
Keywords: Covid -19, Daring, Flipped Classroom, Peningkatan Hasil Belajar, Turunan Fungsi.

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 telah dilaksanakan secara daring, dengan beberapa ketentuan diantaranya berkurangnya jam pelajaran pada setiap mata pelajaran, seperti halnya pembelajaran matematika di satuan pendidikan UPT SMP Negeri 2 Satap Baebunta Luwu Utara yang dilakukan satu pertemuan (45 menit) dalam satu minggu, hal ini berdampak kepada implementasi pembelajaran yang menyebabkan beberapa kegiatan penting dalam pembelajaran tidak terlaksana sebagaimana harusnya, dengan demikian menyebabkan penurunan terhadap penguasaan materi oleh peserta didik, sehingga hasil belajar dari peserta didik masih banyak yang dapat dinyatakan belum tuntas atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model flipped classroom pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan materi tafsiran geometri dari turunan fungsi. tipe penelitian merupakan tipe penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas, adapun prosedur yang digunakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan tafsiran geometri dari turunan fungsi dengan menggunakan model flipped clasroom adapun persentase ketuntasan belajar pada setiap siklusnya yaitu silus I 56%, siklus II 72% dan siklus III 88%.

Published
2023-12-09
Section
Articles