PERANCANGAN MATERI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MAHASISWA INSTIUT ILMU KESEHATAN PELAMONIA KESDAM XIV HASANUDDIN

  • Basuki Rahmat Masdi Siduppa Institusi Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Hasanuddin
  • Mohammad Ardani Samad Institusi Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Hasanuddin
Keywords: ICT, Pendidikan, Model Pembelajaran

Abstract

ICT menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai bidang pendidikan karena meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam prosem pembelajaran. Penggunaan ICT dalam pembelajaran antara lain sebagai tutorial, alat aolikasi dan komunikasi, sedangkan penerapan ICT dalam dunia pendidikan adalah berupa buku elektronik dan e-learning. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan mutlak dilakukan untuk menjawab permasalahan di bidang pendidikan terutama akses dan pemerataan serta mutu pendidikan. Semuanya akan berjalan lancar tergantung dengan kondisi teknologi dan jaringan yang tersedia. Standarisasi dan pemanfaatan ICT dalam pendidikan sangat penting untuk menjamin mutu proses dan hasil pendidikan. Guru sebagai pelaksana pendidikan dituntut untuk merancang proses pembelajaran dengan menghadirkan suasana belajar yang tepat agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, efisien dan menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat sebagi acuan desain model dan materi pembelajaran berbasis adalah model ADDIE.

Published
2024-01-05
Section
Articles