MODEL PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN PERANCANGAN MATERI PEMBELAJARAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS CRITICAL THINKING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangangkan paket pembelajaran Filsa- fat Pendidikan Islam berbasis Berpikir Kritis. Pengembangan dilakukan dengan meng- gunakan desain instruksional Dick and Cerey (2009). Tahapan-tahapan pengembangan model dimulai dari mengidenfikasi tujuan pembelajaran, dilanjutkan dengan analisis in- struksional, analisis peserta didik dan konteks, penulisan tujuan pembelajaran, pengem- bangan instrumen penilaian, pengembangan strategi instruksional, seleksi dan pengem- bangan bahan instruksional, desain evaluasi formatif, revisi, dan desain evaluasi sumatif. Proses pengembangan menggunakan validasi ahli dan validasi empiris. validasi empiris menggunakan uji perorangan melibatkan 3 orang mahasiswa, uji kelompok kecil melibat- kan 9 orang mahasiswa, dan kelompok besar melibatkan 35 orang mahasiswa. Hasil riset menunjukkan paket pembelajaran filsafat pendidikan Islam berbasis berpikir kritis efektif mewujudkan tujuan pembelajaran.