PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH BILOKKA

  • Uwais Qarni Wahyu University of Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Hasanuddin B Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Abd Kahar Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Problem Based Learning, hasil belajar, PKn, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn di kelas VII MTs Muhammadiyah Bilokka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen, di mana populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Bilokka. Sampel penelitian diambil secara acak berkelompok (cluster random sampling) dengan jumlah 17 siswa.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus mean untuk menghitung perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning adalah 83,55%, sedangkan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional memiliki nilai rata-rata 73,75%. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VII MTs Muhammadiyah Bilokka.

Published
2024-09-27
Section
Articles