PENGARUH GOOGLE SITE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PANGSID
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Google Site terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangsid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true experimental design. Variabel pada penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu media pembelajaran Google Site sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPA sebagai variabel terikat. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangsid yang berjumlah 21 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen sebanyak 11 siswa dan kelomok kontrol sebanyak 10 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai persentase pada hasil penelitian terhadap pengaruh Google Site sebagai media pembelajaran adalah kelompok kontrol sebanyak 20% dan kelompok ekperimen sebanyak 26,6% dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebanyak 27,2 dan kelompok kontrol sebanyak 16,8. Oleh karena itu hipotesis nihil (H0) media pembelajaran Google Site tidak berpengaruh dalam proses belajar IPA kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangsid (ditolak), dan hipotesi alternatif (Ha) yang berbunyi media pembelajaran Google Site dalam proses pembelajaran IPA kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangsid.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peembelajaran Google Site berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMP Muhamadiyah Pangsid