PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP HASIL KREATIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI-A SMA NEGERI 1 SIDRAP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan media sosial Instagram terhadap hasil kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI-A SMA Negeri 1 Sidrap. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian yang berbentuk pre-eksperimental one shot case study research design yang menggunakan metode deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah studi hubungan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-A SMA Negeri 1 Sidrap yang berjumlah 313 siswa. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI-A SMA Negeri 1 Sidrap yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 27 perempuan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi, dan pengisian kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai persentase pada hasil penelitian terhadap pemanfaatan media sosial Instagram adalah 81.50% dan kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia di Instagram adalah sebanyak 72.06%. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi hasil pengaruh pemanfaatan media sosial Instagram adalah sebesar 44.9% terhadap kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas XI-A SMA Negeri 1 Sidrap.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram memberi pengaruh yang baik terhadap hasil kreativitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI-A SMA Negeri 1 Sidrap.