OPTIMALISASI MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN CAPAIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN DASAR PRAKTIK KEBIDANAN DI IIK PELAMONIA MAKASSAR

  • Basuki Rahmat Masdi Siduppa Institusi Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Hasanuddin
  • Mohammad Ardani Samad Institusi Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV Hasanuddin
Keywords: media video, motivasi belajar, hasil belajar, kebidanan, teknologi pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media video dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan program studi Kebidanan di Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain kuasi-eksperimental. Penelitian dilakukan dengan membandingkan dua kelompok mahasiswa, yaitu kelompok yang menggunakan media video dalam pembelajaran dan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan kuesioner motivasi sebelum dan setelah penerapan media video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Media video tidak hanya membantu memvisualisasikan materi yang sulit, tetapi juga membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran di bidang kebidanan, serta memberikan rekomendasi agar pendidik dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Published
2025-07-04
Section
Articles