PENGUNAAN FLASHCARD BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Sam Hermansyah . Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Usman M Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Hanafi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Flashcard digital, pembelajaran siswa hasil, studi sosial, belajar media

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi. Ini diperlukan untuk merangsang minat siswa dalam belajar untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Dan menganalisa itu memengaruhi dari berbasis digital kartu flash media ke memperbaiki sosial studi sedang belajar hasil untuk kelas empat dasar sekolah siswa. Ini riset menggunakan R&D (Riset Dan Perkembangan) metode Dan beradaptasi itu ADDIE model pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian ini mengambil sampel secara acak sebanyak 126 orang siswa kelas IV dan dihitung menggunakan rumus Slovin dengan margin of error 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi 83,3% dalam kategori layak. Hasil ahli media 93,3% sangat kategori layak, dan hasil keefektifan media pembelajaran diperoleh melalui angket yang diberikan kepada siswa pada pretest dan posttest. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media flashcard berbasis digital berdampak positif terhadap pembelajaran IPS hasil untuk kelas empat dasar siswa sekolah.

Published
2023-07-05
Section
Articles