Kolaborasi Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah (KDS) untuk Menciptakan Pembelajaran Inovatif pada Mata Pelajaran Tematik

  • Aswadi Aswadi
  • Suleha Ecca
  • Darmi Darmi
  • Abdul Malik
  • Sartika Suardi
  • Dedy Suryadi Damis
  • Nurhalisa Nurhalisa
Keywords: Lesson Study; KDS; pembelajaran inovatif

Abstract

Perubahan pola pikir masyarakat yang sangat cepat membuat kebutuhan mutu pendidikan juga meningkat. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan peningkatan kemampuan pedagogik tenaga pendidik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatakan kemampuan tersebut adalah Lesson Study. Lesson Study mampu memfasilitasi aktifitas kolaboratif antara dosen LPTK dengan guru di sekolah untuk merancang pembelajaran inovatif. Tahapan inti pelaksanaan lesson study yakni tahap Plan, Do, dan See. Kegiatan lesson study di sekolah diikuti oleh satu dosen dan lima guru mitra. Hasil kegiatan ini adalah terciptanya desain pembelajaran inovatif pada mata pelajaran tematik. Rancangan pembelajaran tersebut merupakan rancangan pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Kegiatan ini juga meningkatkan kompetensi pedagogik dosen dan guru. Kegiatan ini akan terus berlanjut baik di sekolah maupun di kampus

References

Baricaua Gutierez, S. (2016). Building a classroom-based professional learning community through lesson study: insights from elementary school science teachers. Professional Development in Education, 42(5), 801–817. https://doi.org/10.1080/19415257.2015.1119709
Chichibu, T., & Kihara, T. (2013). How Japanese schools build a professional learning community by lesson study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 12–25. https://doi.org/10.1108/20468251311290105
Darso. (2011). Kesiapan Belajar Siswa dan Interaksi Belajar Mengajar terhadap Prestasi Belajar. Invotec, 7(2), 145–160.
Direktorat SMP. (2021). Menjadi Guru Pembelajar dengan Lesson Study. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menjadi-guru-pembelajar-dengan-lesson-study/
Febriyanti, C. (2014). Peran Minat dan Interaksi Siswa dengan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 245–254.
Freeman, J. B. (2007). Arguments about arguments. Philosophy of the Social Sciences, 37(4), 525–540. https://doi.org/10.1177/0048393107307666
Freire, P. (2000). Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Pustaka Pelajar.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Lewis, C. C., & Perry, R. R. (2015). A Randomized Trial of Lesson Study with Mathematical Resource Kits: Analysis of Impact on Teachers’ Beliefs and Learning Community. In J. A. Middleton, J. Cai, & S. Hwang (Eds.), Large-Scale Studies in Mathematics Education (pp. 133–158). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-07716-1_7
Lieberman, J. (2009). Reinventing teacher professional norms and identities: the role of lesson study and learning communities. Professional Development in Education, 35(1), 83–99. https://doi.org/10.1080/13674580802264688
Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440
Pricilia, I., No, S., IAIN Radin Intan Lampung, F., & Letkol Endro Sutarmin Bandar Lampung, J. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif Tipe Word Square Terhadap HasilBelajar Tematik Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan, 7(12), 1–12.
Primayana, K. H., Lasmawan, W., Adnyana, P. B., Studi, P., & Dasar, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor pada Siswa Kelas IV (Vol. 9, Issue 2). http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., Lis, D. R., & Sari, P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2), 99–109.
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Rajagrafindo Persada.
Saito, E., & Atencio, M. (2015). Lesson study for learning community (LSLC): conceptualising teachers’ practices within a social justice perspective. Discourse, 36(6), 795–807. https://doi.org/10.1080/01596306.2014.968095
Saito, E., Watanabe, M., Gillies, R., Someya, I., Nagashima, T., Sato, M., & Murase, M. (2015). School reform for positive behaviour support through collaborative learning: utilising lesson study for a learning community. Cambridge Journal of Education, 45(4), 489–518. https://doi.org/10.1080/0305764X.2014.988684
Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, 1(2), 71–77.
Wahana, P., & Desiana Mayasari, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif pada Matapelajaran PPKN terhadap Sikap Siswa SD Akan Nilai-Nilai Terkait.
Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 05, Issue 01). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Published
2023-07-18
How to Cite
Aswadi, A., Ecca, S., Darmi, D., Malik, A., Suardi, S., Damis, D., & Nurhalisa, N. (2023). Kolaborasi Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah (KDS) untuk Menciptakan Pembelajaran Inovatif pada Mata Pelajaran Tematik. MALLOMO: Journal of Community Service, 3(2), 62-69. https://doi.org/10.55678/mallomo.v3i2.1002
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.