PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS LOKALITAS GURU SMP DI KOTA PALU

  • Juniati Juniati
  • Agustan Agustan Universitas Tadulako
  • Nirmayanti Nirmayanti Universitas Tadulako
  • Julia Marfu'ah Universitas Tadulako
Keywords: Keywords ; innovation, locality, learning

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertajuk pelatihan dan pendampingan inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis lokalitas bagi guru SMP di Kota Palu merupakan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang melibatkan guru-guru Bahasa Indonesia se- Kota Palu. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan inovasi pembelajaran bahasa dan sastra berbasis lokalitas guna melestarikan bahasa daerah khususnya bahasa Kaili sebagai salah satu bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mengumpulkan para guru bahasa dan sastra Indonesia pada jenjang SMP sebagai wakil dari beberapa sekolah untuk didampingi dan diberi penguatan dalam melakukan inovasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan memasukkan unsur-unsur kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah.

References

Anoegrajekti, N Sariono, A, Macaryus, S (2017). Kesenian Tradisi: Kebijakan Kebudayaan dan Revitalisasi Seni Tradisi melalui Peningkatan Keinovasian dan Industri Kreatif Berbasis Lokalitas Https://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/79190
Agustan dkk, (2018) Laporan Kajian Revitalisasi Makam Bersejarah di Kota Palu. Dinas Pariwisata: Pemkot Palu.
Agustan, Setya Yuwana, Budinuryanta Yohanes (2020) Function of Nonverbal Signs in Balia Rituals The Kaili ethnic in Palu, Indonesia, Research on Humanities and Social Sciences. ISSN 2224-5766 (Paper) ISSN 2225-0484 (Online) Vol.10, No.24, 2020
Agustan, Setya Yuwana, Budinuryanta (2020) The Meaning of Signs in Balia Spell of Kaili Ethnic in Palu - Research on Humanities and Social Sciences www.iiste.org . ISSN 2224-5766 (Paper) ISSN 2225-0484 (Online) Vol.10, No.6. 2020.
Agustan (2021). Book chapter Etno Sains Nusantara hal 241 – 253, Jawa Timur: CV. Pustaka Djati.
Agustan dkk (2023). Telusur Tokoh Berpengaruh di Lembah Palu Perspektif Tradisi Lisan dan Manuskrip, Palu: CV. Faqih Karya Publishing
Agustan dkk (2023). Pedoman Pengembangan Kurikulum Lokal Bahasa Kaili Berbasis Prototipe, Palu: CV. Faqih Karya Publishing
Cresswel W. John (2015). Penelitian Kulitatif dan Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan, Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gazali. (2016). Struktur, Fungsi, Dan Nilai Nyanyian Rakyat Kaili. LITERA 1 (4)
Mahardhani, Januar. (2017). Pembelajaran Berbasis Lokalitas di Sekolahttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9745.h Dasar.
Sudikan, dkk (2021). Etnosains Nusantara, Jawa Timur: CV. Pustaka Djati.
Tellu, T.A., dkk. (2023). Panduan Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tadulako Tahun 2023, Universitas Tadulako: LPPM.
Published
2023-12-25
How to Cite
Juniati, J., Agustan, A., Nirmayanti, N., & Marfu’ah, J. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS LOKALITAS GURU SMP DI KOTA PALU. MALLOMO: Journal of Community Service, 4(1), 192-195. https://doi.org/10.55678/mallomo.v4i1.1237
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.