PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF SPINNING WHEEL DAN POP UP BOOK BAGI GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN MUARA SATU
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru SD Negeri di Kecamatan Muara Satu dalam pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran inovatif adalah suatu pendekatan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai keterampilan positif. Hal ini dapat dilakukan melalui penggunaan strategi, metode, atau upaya yang berbeda. Dalam pembelajaran inovatif, peran peserta didik menjadi sangat penting sebagai pelaku yang dalam kegiatan pembelajaran siswa. Dalam upaya mengembangkan potensi dan kemampuan, peserta didik dituntut untuk menguasai beberapa soft skills. SD Negeri se-Kecamatan Muara Satu merujuk kepada sejumlah sekolah dasar yang berlokasi di Kecamatan Muara Satu. Kecamatan Muara Satu memiliki beberapa sekolah dasar, dan tim PKM Universitas Malikussaleh menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih tiga sekolah, yaitu SDN 1, SDN 2, dan SDN 4. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh tim PKM, sekolah dasar tersebut akan menjadi subjek dari proyek pengabdian tim PKM dengan memberikan pelatihan mengenai media pembelajaran inovatif kepada para guru di sekolah-sekolah tersebut. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan berprestasi, penting bagi guru-guru untuk memiliki kemampuan dalam merancang pembelajaran yang mudah dipahami dan menguasai teknologi agar materi pembelajaran dapat diakses dengan mudah. Oleh karena itu, Pengabdian ini memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif Spinning Wheel dan Pop Up Book bagi guru SD Negeri se-Kecamatan Muara Satu.
References
Hasibuan, A., Setiawan, A., Daud, M., Siregar, W. V., Baidhawi, B., Hendrival, H., Kurniawan, R., & Safina, P. A. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Variasi Pembelajaran Online di Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara, 2(2), 62–67.
Irma, A., Syamsuri, A. S., & Arif, T. A. (2020). Jurnal Profesi Keguruan. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 54–63.
Muhsin, A. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR). Deepublish.
Prasetyo, T., Brawijaya, A., Fitriliani, A., & Kurniawati, S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SD Negeri Cibogo. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 1(2), 12–20. https://doi.org/10.56855/income.v1i2.28
Sari, A. M., Dewi, U. M., Wulanda, Syafrizal, & Ayunda, D. S. (2023). Introduction to Basic Measurement Tools to Support Science Learning at SD Negeri 9 Dewantara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i1.2737
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 217–219.
Sukirmiyadi, S., Febrianita, R., Sholihatin, E., & Pratama, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Artikulate Storyline di SMK Pesantren Terpadu Kabupaten Mojokerto. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(2), 325. https://doi.org/10.20473/jlm.v5i2.2021.325-332
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/28847