PENGGENALAN TEKNOLOGI GEOSPASIAL BAGI SISWA KELAS XII SMAN 4 KABUPATEN LUWU
Teknologi Geospasial
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada mitra menunjukkan adanya berbagai keterbatasan terkait dengan sumber belajar, media pembelajaran serta kemampuan siswa Kelas XII IPS SMAN 4 pada mata pelajaran geografi belum mampuĀ memanfaatkan sumber-sumber dan media pembelajaran geografi yang lebih modern dengan memanfaatkan Teknologi Geospasial (TI) yang saat ini cukup tersedia saat ini. Manfaat dalam program PKM ini adalah sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran geografi, menigkatkan kompetensi pengetahuan dan kemampuan skill siswa Kelas XII IPS SMAN 4 Luwu yang mempelajari matapelajaran geografi dalam hal penerapan teknologi SIG seperti pembuatan peta dan penggunaan aplikasi Google Earth, Story Map dan penggunaan aplikasi GPS berbasis Android. Kegiatan PKM yang dilakukan berupa bentuk seminar, workshop atau pelatihan untuk siswa kelas XII IPS SMAN 4 Luwu yang mempelajari matapelajaran geografi. Melalui PKM ini peserta diberikan pengetahuan atau penguatan tentang Sistem Informasi Geografis dan penggunaan aplikasi google earth dan story map yang dapat diterapkan dalam pembelajaran geografi. Dari kegiatan PKM ini peserta sudah mampu menerapkan aplikasi google earth salah satunya menentukan lokasi atau mengambil data koordinat, menghitung luas lahan, melakukan digitasi jalan maupun sungai dan peserta sudah mampu memvisualisasikan data spasial dengan memanfaatkan aplikasi story map.
References
Eddy, P. (2014). Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika.
Indarto. (2013). Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jumardi, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Soppeng. Information Technology. Vol. 1. No.9, 15-22.
Jumardi, A., & Karmila Putri, I. (2020). Eksplorasi Wilayah Mungkajang Kota Palopo Sebagai Sumber Belajar Geografi. PEMBELAJARAN: Jurnal Ilmu Pendidikan Keguruan, dan Pembelajaran. Vol 1. No. 4, 17-22.
Jumardi, A., Busrah, Z., & Nurfalaq, A. (2016). Penerapan Modul Pratikum SIG untuk Memberikan Keterampilan Pemetaan bagi Mahasiswa Fisika Sains Universitas Cokroaminoto Palopo. Prosiding UNCP. Vol 2. No.1, 701-709.
Jumardi, A., Nurfalaq, A., & Hi Manrulu, R. (2018). PKM Kelompok Guru Bidang Studi Geografi Kabupaten Soppeng. MATAPPA. Vol 1, No 2, 86-90.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Geografi Sekolah Menegah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA).
Mukminan. (2014). Peningkatan Kompetensi Guru Geografi Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Konteks Pendidikan Di Abad XXI. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah.
Nurfalaq, A., Jumardi, A., & Hi Manrulu, R. (2018). Belajar Sistem Informasi Geografi. Palopo: UNCP Press.
Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembagunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Mandala Education. Vol. 6.No.1.