Sebuah Artikel PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATEMATIKA DALAM MATERI LINGKARAN BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT
Abstract
Masalah dalam pendidikan kurangnya variasi penggunaan dan pengembangan media, hanya menggunakan media cetak saja, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan lebih tertarik dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan studi pengembangan untuk mengembangkan, menghasilkan, dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran matematika berbasis Team Games Tournament (TGT) di MA Alkhairaat Tondano. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Alat tes dalam penelitian ini berupa soal, tes dan soal. Subyek penelitian yaitu ahli media, ahli verifikasi materi, guru matematika dan 15 siswa kelas XI IPA MA Alkhairaat Kampung Jawa Tondano, Terdiri dari 4 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil survei ahli media menunjukkan 89,6% memenuhi kriteria sangat valid, 82,2% penilaian ahli materi memenuhi kriteria sangat valid, dan 96% penilaian guru matematika mendapat nilai sangat valid dan evaluasi hasil siswa yang teridentifikasi menunjukkan apa yang dia tunjukkan. tingkat keberhasilan 88.9%. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang matematika berbasis Team Games Tournament di MA Alkhairaat Tondano layak digunakan dalam sebagai media pembelajaran.
References
Hasbiyanti, H. (2020). Analisis Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran berbasis Smartphone pada Peningkatan Hasil Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember Program studi Pendidikan biologi, 7(1) : 10-14.
Kartini. (2020). Respon Siswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, Universitas Gajah Mada., pp. 43-52 vol:3.
Ma'arif, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA), 1(1), 53-63.
Milenika, A. F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement division pada materi lingkaran. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement division pada materi lingkaran, pp. 221-229.
Nurdin, M. (2021). Improving Students' Learning Outcomes in Social Studies Through the Application of the Team Games Tournament (TGT) Model. Journal of Education and Practice, pp. Vol:12(4), 45-50.
Pratiwi, N. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 47-58.
Putri, D. M. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada pembelajaran matematika. Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada pembelajaran matematika, pp. 8591-8601.
Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Septiyani, S. N. (2020). Improving Students’ Mathematics Achievement by Using Team Games Tournament (TGT) and Student Teams Achievement Division (STAD) Learning Models. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012027.
Soepriyanto. (2020). Improving Students' English Vocabulary Mastery Using Team Games Tournament (TGT) Method. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(1), 61-73.