Penerapan Pembelajaran Proyek dengan Pendekatan STEM melalui Pembuatan Filter Air Berbasis Karbon Aktif
Abstract
Abstract. This community service aims to enhance participants’ skills and abilities while providing an opportunity to apply STEM Project based learning (PjBL-STEM) through the creation of activated carbon-based water filters. This activity was carried out at SMPN 9 Kota Gorontalo. Activated carbon-based water filters are the PjBL-STEM topic pf this activity, which takes into account the local water quality issues as well as the applicability of the students learning outcomes. At the conclusion of the session, 92% of participants responded favorably, indicating that students’s comprehension of the concept had increased.
Abstrak. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan peserta serta memfasilitasi peserta untuk menerapkan pembelajaran proyek dengan pendekatan STEM melalui proyek pembuatan filter air berbasis karbon aktif. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 9 Kota Gorontalo. Topik yang menjadi PjBL-STEM pada kegiatan ini adalah filter air berbasis karbon aktif dengan mempertimbangkan kesesuaian capaian pembelajaran siswa kelas serta permasalahan kualitas air yang ditemukan di wilayah tersebut. 92% peserta memberikan respon positif di akhir kegiatan dan menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa.