Pembinaan Organisasi dan Pembentukan Struktur BUMDes Carawali Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap

Main Article Content

Lukman Lukman
Erfina Erfina

Abstract

Pada dasarnya sudah banyak sekali program pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah desa Carawali. Namun sayang dalam tataran praktik berbagai penyimpangan acapkali terjadi yang disebabkan oleh beragam alasan. Misalnya alasan financial, pendidikan, dan keterampilan, kesehatan dan lain sebagainya. Badan usaha milik desa  Carawali merupakan salah satu organisasi yang terkesan pakum hari ini. Tidak dapat dipungkiri peran organisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sangat besar. Terutama untuk mengatasi permasalahan sosial masyarakat yang dapat menjadi wadah untuk melakukan pengembangan sumberdaya manusia disamping sebagai wadah pemenuhan dan pemecahan permasahalan sosial di tengah kehidupan masyarakat. Tujuan dari Kegiatan pengabdian ini adalah mengoptimalisasi pengelolaan BUMDes  Carawali. Karenanya, dalam pengabdian ini penulis melakukan berbagai strategi guna mengaktifkan organisasi BUMDes  Carawali yang saat ini tidak terkelola dengan baik. Adapun strategi yang dilakukan adalah melakukan pembinaan mental keorganisasian, pembinaan tata kelola administrasi, serta pembentukan struktur melalaui kegiatan workshop. Dengan demikian pengabdian ini dapat mengoptimalisasi peran BUMDes  Carawali dalam penyelesaian berbagai permasalahan ditengah masyarakat. Adapun ukuran keberhasilan dari kegiatan ini adalah BUMDes  Carawali dapat menjadi sehat kembali dengan terbentuknya pengurus baru yang dapat lebih berperan kemasyakat terhadap pembangunan SDM dan membantu pemerintah desa dalam memecahkan persoalan sosial yang ada. Dengan adanya BUMDes ini pemerintah desa Carawali dapat kembali mengaktifkan dana bergulirnya.

Article Details

How to Cite
Lukman, L., & Erfina, E. (2021). Pembinaan Organisasi dan Pembentukan Struktur BUMDes Carawali Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(2), 90-97. https://doi.org/10.51817/mallomo.v1i2.439
Section
Articles

References

Anggraeni, M. R. R. S. (2017). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta.
Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). Pengembangan desa mandiri melalui pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes). Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13(1).
Dewi, A. S. K. (2014). Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa. Journal of Rural and Development, 5(1).
Nurhayati, C. (Ed.). (2018). BUMDes dan kesejahteraan masyarakat desa. Pusat Penelitian, Badan Keahlian, DPR RI, Bidang Kesejahteraan Sosial.
Panduan Pengabdian Masyarakat UMS Rappang 2019
Ramadana, C. B. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagai Penguatan Ekonomi Desa. Jurnal administrasi publik, 1(6), 1068-1076.
Suleman, A. R., Revida, E., Soetijono, I. K., Siregar, R. T., Syofyan, S., Hasibuan, A. F. H., ... & Syafii, A. (2020). BUMDES Menuju Optimalisasi Ekonomi Desa. Yayasan Kita Menulis.
Sudianta, S. P. D., & HADY, I. G. P. I. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Simpan Pinjam Bumdes Banjarasem Berbasis Web.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.