Pendampingan Pembuatan Video Animasi bagi Guru di MBS Rappang

  • Suhartini Khalik
  • Suardi Zain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Usman M. Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suleha Ecca Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Buhari Buhari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Nadirah Nadirah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Amalia Amalia Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Nafisah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Suhendra Suhendra Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: 21st century learning; Powtoons; innovative

Abstract

Pembelajaran abad 21 memiliki ciri yaitu terjalinya hubungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi. Terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam dunia pendidikan, yang selama ini menjadi faktor penentu kecepatan dan keberhasilan pendidikan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran abad 21 yaitu powtoon. Powtoon adalah aplikasi web yang memiliki banyak fitur menarik. Dengan adanya fitur-fitur menarik tersebut, powtoon bisa menjadi media pembelajaran yang menarik dan memotivasi peserta didik untuk belajar. Guru pun akan inovatif dalam mengemas materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi powtoon. Kegiatan pendampingan pembuatan media pembelajaran video animasi dilaksanakn di SMP, SMA, dan SMK Muhammadiyah Rappang. Metode yang dipakai dalam pendampingan yaitu observasi kondisi mitra, pendampingan pembuatan media pembelajaran video animasi dengan aplikasi powtoon, penugasan, serta evaluasi dan refleksi.

References

Anggita, Zulfah. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfik.

AR, R. A., Murtafiah, Mahmud, N., & Amin, N. (2021). Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru SDN INP 055 Kandeapi. J.A.I: Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 46–52.

BSNP. (2010_. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA dan MA. Diakses dari laman web tanggal 3 Februari 2017 dari: http://bsnpindonesia.org/id/page_id=103/3februari2017.

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

De Porter, B . (2000). Quantum Learning (cetakan VII). Bandung: Mizan Media Utama

Ermawati, & Umasugi, S. M. (2021). Implementasi Media Powtoon di Era Pandemi di SMA Negei 1 Imogiri. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat Tahun 2021 Lembaga Penelitian, Pengembangan, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M), 123–128.

Ernalida, D. (2010). Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).

Harys Imanulloh. (2021). Pembelajaran Abad 21. Online. https://www.tripven.com/pembelajaran-abad-21/

Kamila, Siti. (2019). Mengenal Aplikasi Powtoon. Online. https://sitikamilah30.blogspot.com/2019/07/mengenal-aplikasi-powtoon_1.html

Mukminan. (2014). Tantangan Pendidikan di Abad 21. Online. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-mukminan/ba-28-mkltp-unnesatantangan-pddk-di-abad-21.pdf

Online. Model Rancangan Pembelajaran Abad 21 dan Contohnya. https://gurupengajar.com/klasifikasi-pembelajaran-abad-21.html

Rosiyanti, H. (2021). Webinar Pengenalan Media Pembelajaran Powtoon Kepada Siswa dan Guru di MAN 1 Tangerang Selatan. 1–6.

Subawa, I. G. B., Agustini, K., & Mertayasa, I. N. E. (2021). Pembelajaran Menggunakan Powtoon untuk Guru- Guru SMP Negeri 4 Singaraja. 381–387.

Sugiarti dan Kurniawati. (2019). Penerapan Media Ajar Digital Berbasis 4c (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Dan. Creativity And Innovation) dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Kalangan Guru Yayasan Mandiri Bersemi Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2442-3726 e-ISSN 2550-1143 Volume 5 Nomor 2, Oktober 2019

Suleha, S., Hanafi, M., Jumiati, & Nadirah. (2020). MALLOMO: Journal of Community Service Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. Mallomo: Journal of Community Service, 1(1), 50–55. https://jurnal.umsrappang.ac.id/mallomo/index

Published
2021-12-31
How to Cite
Khalik, S., Zain, S., M., U., Ecca, S., Buhari, B., Nadirah, N., Amalia, A., Nafisah, A., & Suhendra, S. (2021). Pendampingan Pembuatan Video Animasi bagi Guru di MBS Rappang. MALLOMO: Journal of Community Service, 2(1), 17-23. https://doi.org/10.55678/mallomo.v2i1.563
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.