Pendampingan Pembelajaran Berbasis Learning Management System di SMP Negeri 2 Pancarijang
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menyelesaikan kendala pembelajaran yang dihadapi oleh guru di SMP Negeri 2 Pancarijang, SPP Snakma Puncak Mario, dan SMP Negeri 2 Pancarijang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 20-21 januari 2020 di Aula SMP Negeri 2 Pancarijang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan oleh dosen FKIP Universitas Muhammadiyah sidenreng rappang dengan melibatkan mahasiswa yang sementara melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Pembelajaran. Peserta peda kegiatan ini berjumlah 50 rang terdiri atas perwakilan guru dan tenaga kependidikan masing-masing sekolah. Model yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop dengan beberapa tahapan yaitu Observasi, pendampingan, evaluasi, dan refleksi. Kegiatan terlaksana sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan. Setelah kegiatan berakhir, dapat dilihat adanya peningkatan pemahaman guru terhadap pembelajaran digital dan Learning Management System. Guru sudah mampu mengunggah bahan ajar baik dalam bentuk power point dan video pembelajaran serta memberikan penugasan di Learning Management System.
References
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). 済無No Title No Title No Title. 2(1), 1–9.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(April), 1–11. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4
Fahmi, S., & Asalamah, S. B. (2022). Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Pembelajaran Pada Materi Membandingkan Bilangan Kelas 2 Sdn Ciabad. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 145–154.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356, 149–154.
Khalik, S., Zain, S., M., U., Ecca, S., Buhari, B., Nadirah, N., Amalia, A., Nafisah, A., & Suhendra, S. (2021). Pendampingan Pembuatan Video Animasi bagi Guru di MBS Rappang. MALLOMO: Journal of Community Service, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.55678/mallomo.v2i1.563
Mohammad Yazdi. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2 (1)(1), 143–152.
Rafi, M., Dalimunte, A. Y., & Yani, Y. I. (2021). Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Model Examples Non. 4.
Rohmawati, L. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.
Widowati, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples Dan Stad Pada Mata Kuliah Struktur Hewan Program Studi Pendidikan Biologi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v2i1.202
Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf