Pelatihan Penyusunan RPP One Page Berbasis Digital bagi Pengajar di Muhammadiyah Boarding School
Abstract
Kegiatan ini mempunyai tujuan : 1) Melatih guru-guru di Muhammadiyah Boarding School berkenaan dengan penyusunan RPP one page berbasis digital. 2) meningkatnya keterampilan guru-guru di Muhammadiyah Boarding School berkenaan dengan penyusunan RPP one page berbasis digital. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah 1) pengenalan materei RPP one page dengan metode cerama. 2) pelatihan dilakukan dengan mendemonstrasikan serta mendampingi guru dalam penyusunan RPP one page. Luaran yang didapatkan dalam kegiatan ini adalah 1) adanya peningkatan pemahaman guru-guru di Muhammadiyah Boarding School berkenaan dengan penyusunan RPP one page. 2) guru-guru dapat menyusun RPP one page berbasis digital dengan baik.
References
Ahmad, J., Mahmud, N., Jabbar, A., & Ikbal, M. (2020). Opportunities And Challenges In The Use Of Information And Communication Technology : Study For " Teaching From Home ‖ For Pandemic. Ijstr, 9(08), 294–299.
Ecca, S., Hanafi, M., Lanta, J., & Nadirah, N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(1), 50–55. https://doi.org/10.51817/mallomo.v1i1.312
Gunawan, H., & Mahmud, N. (2021). The Influence of Education Level , Teaching Experience , and Training on Teacher Pedagogical Competence in the Technical Implementation Unit of State Vocational High Schools. 3276–3283.
I Kadek Yogi Mayudana, I. K. S. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan RPP (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). IJED (Indonesian Journal of Educational Development), 1(1), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. (2014). Permendikbud Republik Indonesia No. 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan kurikulum tahun 2006 dan kurikulum 2013 (Ministry of Education and Culture Republic Indonesia Regulation number 160 year 2014 on the implementation of the 2006 and the 2013 curricula.
Mulfa, R., Hamka, Kusnadi, Ni’mah, S., & Firdaus. (2022). Pembinaan TK/TPA Di Masjid Darussalam Desa Balle. 1(1), 1–10.
Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Lestiana, H. T. (2018). Pendampingan Penggunaan Geogebra Untuk Guru Matematika SMP/MTS Se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 153. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1991
Saifullah, S., Kasman, N., Mahmud, N., Suardi, N. F., Susmiranti, A., & Hamka, H. (2022). Pendampingan Pembelajaran Berbasis Learning Management System di SMP Negeri 2 Pancarijang. MALLOMO: Journal of Community Service, 2(2), 104–109. https://doi.org/10.55678/mallomo.v2i2.679
Susanah, S., Ismail, I., & Prawoto, B. P. (2016). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sd Negeri 3 Sidokumpul Gresik Kabupaten Gresik. Jurnal ABDI, 1(1), 67. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p67-70
Syahrir, L., Ecca, S., & Mahmud, N. (2022). Penerapan Baitul Arqam Sebagai Bentuk Penanaman Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. 2, 94–103.
Tahir, H., & L, S. (2022). Urgensi da’wah kultural muhammadiyah ditengah masyarakat berbudaya. Jurnal Ilmiah Administrasi, 10(Vol 10 No 3 (2022): Desember), 114–119.