Pelatihan Penyusunan RPP One Page Berbasis Digital bagi Pengajar di Muhammadiyah Boarding School

  • Nurlaelah Mahmud Universitas Muhammadiyah Rappang https://orcid.org/0000-0003-4405-4804
  • Yusmah Yusmah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Dwi Resqi Pramana Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Rustam Efendy Rasyid Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Bella Bella Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Pelatihan; RPP one page; Muhammadiyah boarding school

Abstract

Kegiatan ini mempunyai tujuan : 1) Melatih guru-guru di Muhammadiyah Boarding School berkenaan dengan penyusunan RPP one page berbasis digital. 2) meningkatnya keterampilan guru-guru di Muhammadiyah Boarding School berkenaan dengan penyusunan RPP one page berbasis digital. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah 1) pengenalan materei RPP one page dengan metode cerama. 2) pelatihan dilakukan dengan mendemonstrasikan serta mendampingi guru dalam penyusunan RPP one page. Luaran yang didapatkan dalam kegiatan ini adalah 1) adanya peningkatan pemahaman guru-guru di Muhammadiyah Boarding School berkenaan dengan penyusunan RPP one page. 2) guru-guru dapat menyusun RPP one page berbasis digital dengan baik.

References

Ahmad, J., Mahmud, N., Jabbar, A., & Ikbal, M. (2020). Opportunities And Challenges In The Use Of Information And Communication Technology : Study For " Teaching From Home ‖ For Pandemic. Ijstr, 9(08), 294–299.

Ecca, S., Hanafi, M., Lanta, J., & Nadirah, N. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Mendesain Bahan Ajar Berbasis Digital di SMAN 10 Sidrap. MALLOMO: Journal of Community Service, 1(1), 50–55. https://doi.org/10.51817/mallomo.v1i1.312

Gunawan, H., & Mahmud, N. (2021). The Influence of Education Level , Teaching Experience , and Training on Teacher Pedagogical Competence in the Technical Implementation Unit of State Vocational High Schools. 3276–3283.

I Kadek Yogi Mayudana, I. K. S. (2020). Analisis Kebijakan Penyederhanaan RPP (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019). IJED (Indonesian Journal of Educational Development), 1(1), 62–70. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682

Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. (2014). Permendikbud Republik Indonesia No. 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan kurikulum tahun 2006 dan kurikulum 2013 (Ministry of Education and Culture Republic Indonesia Regulation number 160 year 2014 on the implementation of the 2006 and the 2013 curricula.

Mulfa, R., Hamka, Kusnadi, Ni’mah, S., & Firdaus. (2022). Pembinaan TK/TPA Di Masjid Darussalam Desa Balle. 1(1), 1–10.

Oktaviani, D. N., Sholikhakh, R. A., & Lestiana, H. T. (2018). Pendampingan Penggunaan Geogebra Untuk Guru Matematika SMP/MTS Se Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 153. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1991

Saifullah, S., Kasman, N., Mahmud, N., Suardi, N. F., Susmiranti, A., & Hamka, H. (2022). Pendampingan Pembelajaran Berbasis Learning Management System di SMP Negeri 2 Pancarijang. MALLOMO: Journal of Community Service, 2(2), 104–109. https://doi.org/10.55678/mallomo.v2i2.679

Susanah, S., Ismail, I., & Prawoto, B. P. (2016). Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sd Negeri 3 Sidokumpul Gresik Kabupaten Gresik. Jurnal ABDI, 1(1), 67. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p67-70

Syahrir, L., Ecca, S., & Mahmud, N. (2022). Penerapan Baitul Arqam Sebagai Bentuk Penanaman Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. 2, 94–103.

Tahir, H., & L, S. (2022). Urgensi da’wah kultural muhammadiyah ditengah masyarakat berbudaya. Jurnal Ilmiah Administrasi, 10(Vol 10 No 3 (2022): Desember), 114–119.

Published
2022-12-31
How to Cite
Mahmud, N., Yusmah, Y., Pramana, A., Rasyid, R., & Bella, B. (2022). Pelatihan Penyusunan RPP One Page Berbasis Digital bagi Pengajar di Muhammadiyah Boarding School. MALLOMO: Journal of Community Service, 3(1), 51-55. https://doi.org/10.55678/mallomo.v3i1.801
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.