Pemberdayaan Santri Taman Pendidikan Al Qur’an Menuju Generasi Qur’ani melalui Ujian Munaqasyah BKPRMI
Abstract
Munaqasyah adalah kegiatan untuk memberdayakan kemampuan santri yang telah melaksanakan pendidikannya di tingkat Taman Pendidikan Al Qur’an. Dalam pemberdayaan ini evalusi menjadi aspek penting dalam pelaksnaan pembelajaran. Karna pembelajaran setelah dievaluasi baru nampak hasilnya, maka perlu dilaksanakan secara berkelanjutan dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai hasil berupa perubahan dan peningkatan yang didapatkan oleh santri. Apabila proses terencana dengan baik maka hasil yang didapatkan akan baik juga. Selain daripada itu, evaluasi juga sangat memberikan manfaat bagi santri, guru ataupun lembaga itu sendiri. Materi yang menjadi bahan evaluasi dalam pelaksanaannya termasuk didalamnya qira’ah, dinul islam, bacaan shalat, hafalan surah pendek, hafalan ayat pilihan, dan khat beserta muatan lokal yang menjadi penilaian oleh taman Pendidikan Al Qur’an tempat santri belajar. Untuk menilai dan menganalisa kemampuan santri dibutuhkan sistem dan angka passing grade dalam menentukan kelulusan santri. Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia sebagai organisasi yang berkontribusi dalam mendukung perkembangan dan kemajuan lembaga pembinaan dan pengembangan Taman Pendidikan Al Qur’an. Pengabdian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang memberikan gambaran keadaaan lapangan dengan mengumpulkan data langsung kemudian selanjutnya dideskpsikan dan di Analisa pelaksanaan evaluasi materi pembelajaran santri dengan metode wawancara dan tes langsung, observasi lapangan disertai dengan dokumentasi.
References
Khoirunisaa, I., Rusman, & Asrori. (2022). Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Eksplorasi Strategi BKPRMI pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 77–87. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8679
L, I. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
Mulfa, R., Hamka, Kusnadi, Ni’mah, S., & Firdaus. (2022). Pembinaan TK/TPA Di Masjid Darussalam Desa Balle. 1(1), 1–10. https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/inkamku/article/download/1163/689/
Munawara, S. A. (2020). Peran Guru Taman Pendidikan Al- Qur ’ an Dalam Pembinaan Baca Tulis Al- Qur ’ an Di Tk / Tpa Nurul Amin Borongunti Desa Tangkebajeng Kec. Bajeng Kab. Gowa.
Nisra, N., Uceng, A., Sapri, S., & L, S. (2021). Implementasi Program Keluarga Harapan Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. JIA: Jurnal Ilmiah Administrasi, 9(2), 90–97. https://doi.org/10.51817/jia.v9i2.476
Rasyid, R. E., Firman, L, S., & Nadirah. (2022). Perencanaan Pembelajaran. In Rumah Cemerlang Indonesia.
Riswandi. (2019). Manajemen Strategi BKPRMI Dalam Meningkatkan Penerapan Kegiatan Dakwah di Kecamatan Uluare Kabupaten Bantaeng.
Rohmawati, A. (2016). Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Di Tpq Baitul Jannah Kelurahan Karang Klesem Purwokerto Selatan.
Syahrir, L., Ecca, S., & Mahmud, N. (2022). Penerapan Baitul Arqam Sebagai Bentuk Penanaman Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. 2, 94–103.
Tahir, H., & L, S. (2022). Urgensi da’wah kultural muhammadiyah ditengah masyarakat berbudaya. Jurnal Ilmiah Administrasi, 10(Vol 10 No 3 (2022): Desember), 114–119.
Tang, S., Sadapotto, A., Hanafi, M., & L, S. (2022). Sejarah Singkat Pemeliharaan Hadist.pdf (p. 112).