Pelatihan dan Pendampingan Produksi Media Tanam Organik Siap Pakai

  • Riza Fahrizal Musamus University
  • Nina Maksimiliana Ginting Musamus University
  • Chusnul Chotimah Musamus University
  • Nurhaya Panga Musamus University
Keywords: Kuprik; Merauke; Media tanam

Abstract

Meningkatnya animo masyarakat terhadap urban farming membuka peluang usaha bagi penyediaan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk berkebun. Pembuatan media tanam organik siap pakai juga menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Media tanam menjadi kebutuhan utama, karena tanah di wilayah ini adalah jenis tanah yang berpasir dan miskin hara, sementara untuk mendatangkan tanah top soil dari wilayah lain membutuhkan biaya yang cukup besar. Di sisi lain, ketersediaan bahan baku pembuatan media tanam organik siap pakai sangat melimpah di wilayah Kabupaten Merauke khususnya d Kampung Kuprik. Sebagai sentra pertanaman padi terbesar di Papua, sekam padi menjadi limbah pertanian yang selama ini belum dimanfaatkan oleh petani. Begitu pula dengan kotoran hewan ternak yang dapat digunakan sebagai bahan baku pupuk kandang yang menjadi sumber nutrisi dalam pembuatan media tanam. Pembuatan media tanam organik dapat berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan petani melalui pembelian limbah pertanian tersebut. Potensi limbah sekam padi dan kotoran hewan ternak yang melimpah di Kampung Kuprik dapat bernilai ekonomi bagi masyarakat jika masyarakat mampu mengolah dan memasarkan kedua bahan tersebut dengan baik. Berdasarkan uraian di atas terdapat dua masalah prioritas yang perlu diatasi agar limbah sekam padi dan kotoran hewan ternak dapat diolah menjadi media tanam siap pakai yang permintaannya cukup besar di Kota Merauke. Masalah pertama adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Kampung Kuprik untuk memproduksi media tanam siap pakai, dan bagaimana mengemas hasil produksi tersebut agar dapat dipasarkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di Kampung Kuprik. Solusi terhadap masalah tersebut dikemas dalam kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Produksi Media Tanam Organik Siap Pakai di Kampung Kuprik. Melalui pelatihan ini, diharapkan masyarakat Kampung Kuprik akan mampu mengolah sekam padi dan kotoran hewan ternak menjadi bahan yang bernilai ekonomi lebih tinggi. Target luaran yang diharapkan dapat dicapai melalui kegiatan ini antara lain: peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Kampung Kurik dalam mengolah arang sekam dan kotoran hewan menjadi media tanam siap pakai. Peningkatan pengetahuan ini diukur dengan menggunakan kuisioner dan observasi pemateri, sebelum dan setelah pelatihan dilakukan; tersedianya media tanam siap pakai hasil produksi masyarakat yang telah dikemas dan siap dipasarkan. Media tanam yang dihasilkan telah memiliki label nama dengan keterangan komposisi dan manfaatnya; publikasi kegiatan di media massa, dan video kegiatan; publikasi di Jurnal Pengabdian Masyarakat.

 

References

[1] B. Rijanta, “16 | Rembug Pageblug.”
[2] H. Sciences et al., “Jurnal abdidas,” vol. 1, no. 3, pp. 165–171, 2020.
[3] Abdullah Azzam, “Permintaan Media Tanam Organik Meningkat Hingga Dua Kali Lipat Karena Pandemi Covid-19,” Bisnis.com, 2020. .
[4] S. Komarayati and H. S. Wibisono, “PENGARUH ARANG DAN ASAP CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN ANAKAN Gyrinops sp . ( The Effect of Charcoal and Liquid Smoke on Gyrinops sp . Seedlings Growth ),” vol. 36, no. 1, pp. 23–31, 2018.
[5] S. Panisah et al., “APLIKASI HIDROPONIK NFT UNTUK PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L. ) PADA BERBAGAI KONSENTRASI AB MIX DAN MEDIA TANAM ORGANIK,” 2020.
[6] J. T. Pertanian et al., “PEMANFAATAN KOMPOS BLOK LIMBAH KULIT KOPI SEBAGAI MEDIA TANAM (the Utilization of Coffee Pulp and Coffee Husk Compost Block as Growing Media) Elida Novita 1 , Anis Fathurrohman 1 , Hendra Andiananta Pradana 2,” vol. 2, no. 2, pp. 61–72, 2018.
[7] H. Herastuti, “golden shower .,” pp. 50–55, 2020.
[8] N. S. Damayanti and D. W. Widjajanto, “Pertumbuhan dan produksi tanaman sawi Pakcoy ( Brassica rapa l .) akibat dibudidayakan pada berbagai media tanam dan dosis pupuk organik,” vol. 3, no. October, pp. 142–150, 2019.
[9] C. Dan, C. Di, and D. Pepen, “PENGOLAHAN LIMBAH SERABUT KELAPA MENJADI MEDIA TANAM,” vol. 4, no. 2, pp. 93–100, 2021.
[10] Sauli, “Pengaruh Media Tanam Sekam Padi,” 2022.
[11] Y. Hendrayana et al., “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA TANAM DI DESA KARANGSARI,” vol. 2, no. 4, pp. 819–824, 2021.
Published
2023-07-20
How to Cite
Fahrizal, R., Ginting, N., Chotimah, C., & Panga, N. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Produksi Media Tanam Organik Siap Pakai. MALLOMO: Journal of Community Service, 3(2). https://doi.org/10.55678/mallomo.v3i2.833
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.