STRATEGI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KONFLIK AKSI DEMONSTRASI DI KOTA PALEMBANG

  • Rindi Antika Putri Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Isabella Isabella Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Amaliatulwalidain Amaliatulwalidain Universitas Indo Global Mandiri Palembang
Keywords: Kata Kunci: Strategi ; Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ; Pencegahan Konflik; Penanganan Konflik; Demonstrasi.

Abstract

 

Abstrak

Pada penelitian ini penulis membahas tentang strategi yang dilakukan oleh Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik pada Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan dalam melakukan pencegahan dan penanganan konflik aksi demonstrasi di kota Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan tindakan yang dilakukan oleh Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan pada saat aksi dekomnstrasi yang berakhir ricuh di Kota Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dari Geoff Mulgan (2009) dan teori kelembagaan dari Scoot (2008). Hasil analisis dan temuan selama melakukan penelitian di lapangan menunjukkan bahwa strategi dalam melakukan pencegahan dan penanganan konflik aksi demonstrasi yaitu dengan mencari informasi, melakukan rapat koordinasi, memantau atau memonitoring, dan melaporkan.

Kata Kunci: Strategi ; Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ; Pencegahan Konflik; Penanganan Konflik; Demonstrasi.

Abstract

In this research the author discusses the strategies carried out by the National Vigilance and Conflict Handling Division at Kesbangpol of South Sumatra Province in preventing and handling conflict demonstrations in Palembang city. The purpose of this research is to find out the strategies and actions taken by Kesbangpol of South Sumatra Province during the decomnstration action which ended in chaos in Palembang City. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection techniques were carried out in three methods, namely observation, interviews, and documentation. The theories used in this research are Geoff Mulgan's strategy theory (2009) and Scoot's institutional theory (2008). The results of the analysis and findings while conducting research in the field show that the strategy in preventing and handling demonstration conflicts is by seeking information, conducting coordination meetings, monitoring or monitoring, and reporting.

Keywords: Strategy; National and Political Unity Agency; Conflict Prevention; Conflict Handling; Demonstration.

Published
2024-05-27
How to Cite
Putri, R., Isabella, I., & Amaliatulwalidain, A. (2024). STRATEGI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KONFLIK AKSI DEMONSTRASI DI KOTA PALEMBANG. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 12(1), 1-10. https://doi.org/10.55678/prj.v12i1.1214

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.