ANALISIS ANALISIS POTENSI DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DESA
NVIVO 12 PLUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan tantangan dalam pengembangan produk unggulan di desa berdasarkan analisis potensi dan tantangan. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode kualitatif analisis tantangan dan potensi dalam pengembangan produk unggulan di desa. Analisis data menggunakan aplikasi Nvivo 12 Plus. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat beberapa identifikasi potensi pengembangan produk unggulan desa yang diolah menjadi bentuk gambar hasil analisis Nvivo yaitu Dukungan Pemerintah, Sumber Daya Alam Desa, Program Desa, Partisipasi Masyarakat yang Aktif, Kemitraan, Inovasi dan UMKM. Kemudian terdapat identifikasi tantangan dalam mengembangkan produk unggulan desa yaitu Komoditas SDM, Teknologi, Anggaran, Infrastruktur, Akses Informasi. Produk unggulan ini akan memberikan manfaat dalam pengoptimalan sumber daya yang ada dan mampu memberikan suatu pengetahuan tentang suatu bahan yang memiliki nilai ekonomis lebih. Selain itu, dengan adanya produk unggulan mampu menimbulkan potensi peningkatan ekonomi masyarakat suatu wilayah tersebut. Hal ini memberikan ruang kepada pemerintah untuk menjalankan program Sustainable Development Goals (SDGs) dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestic. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengembangan pengetahuan khususnya pada Ilmu Pemerintahan yang terkait dengan isu program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan. Selain itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pemutusan kebijakan pemerintah khususnya di pemerintah desa. Sehingga dalam proses pengembangan produk unggulan desa akan memunculkan pembangunan ekonomi sehingga angka pengangguran menurun. Keterbatasan pada penelitian adalah data yang digunakan masih terbatas pada data-data yang didapat dari berita online dan dokumen Kementerian Desa serta jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang berkaitan dengan pengembangan produk unggulan desa. Penelitian berikutnya perlu menggunakan data primer yang di dapat dari observasi dan wawancara langsung.
References
Fasyah, D. N., Daryanto, H. K., & Suprayitno, G. (2017). Penentuan Produk Unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Industri Agro di Kabupaten Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 11(2), 103–110. https://doi.org/10.29244/mikm.11.2.103-110
Hardika, A. L., & Putra, I. G. S. (2020). Optimalisasi Manajemen Strategi BUMDes Untuk Mewujudkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan Desa Langonsari. Jurnal Online Insan Akuntan, 5(2), 257–270. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/1442
Hidayah, I. (2010). Analisis Prioritas Komoditas Unggulan Perkebunan Daerah Kabupaten Buru (Pre-eminent Commodity Preference Analysis of Plantation of Sub-Province Buru). Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2011.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/00206814.2014.902757%0Ahttp://dx.
Jufriyanto, M. (2019). Pengembangan Produk Unggulan Sebagai Potensi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa di Kecamatan Modung Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(1). https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v5i1.5162
Laraswati, A., Kagungan, D., & Hutagalung, S. S. (2020). Efektivitas Program Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 2(1), 63–73. https://doi.org/10.23960/administrativa.v10i1.22
Mulia, A. G. (2020). Analisis Efektivitas Program Inovasi Desa Berbasis Masyarakat Di Kabupaten Serang. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(2), 173. https://doi.org/10.32678/lbrmasy.v6i2.4246
Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162
Sandriana, N., Hakim, A., & Saleh, C. (2015). SSandriana, N., Hakim, A., & Saleh, C. (2015). Strategi Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster di Kota Malang. Reformasi, 5(1), 89–100.trategi Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster di Kota Malang. Reformasi, 5(1), 89–100.
Syarif, M. M. (2021). ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PRUKADES (PRODUK UNGGULAN DESA) MADULANG SAMPANG MELALUI GROWTH HACKING MARKETING STRATEGY. 2113(1), 2–8.
Takdir, M., & Jusniaty. (2019). Kapasitas Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Program Prioritas Desa Di Wilayah Pesisir Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmiah Administrasita ISSN 2301-7058, Vol 10(No. 02), 120–130.
Widayati, A., Ati, N. U., & Suyeno, S. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PRODUK UNGGULAN KAWASAN PEDESAAN (PRUKADES) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Kebobang Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang). Respon Publik, 14(2), 64–73. http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8073