Pencegahan Patologi Birokrasi Melalui Reformasi Pelayanan Publik Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara
Abstract
Patologi birokrasi seringkali ditemukan dalam pelayanan publik di lingkup pemerintahan, tidak terkecuali di kantor imigrasi. Pelayanan paspor yang berbelit-belit dan memakan waktu yang lama menjadi salah satu contoh patologi yang terjadi di sektor keimigrasian. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa saja penyebab terjadinya patologi birokrasi dan bagaimana Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara mencegah terjadinya patologi birokrasi tersebut dengan melakukan reformasi pelayanan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dalam pengumpulan data dan melakukan studi literatur melalui buku serta jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator tangibels, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara sudahh cukup baik terlihat dari berbagai upaya yang telah mereka lakukan sudahh cukup memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan imigrasi. Namun meskipun demikian pelaksanaan reformasi pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara mengalami hambatan terkait kesadaran masyarakat akan data pribadi.