UJI HEDONIK PERBANDINGAN ANTARA BAKSO IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) DAN BAKSO IKAN CAKALANG (KATSUWONUS PELAMIS)

  • jemri jemri harizatul jannah
  • Harizatul Janah Politeknik Negeri Nunukan
Keywords: Bakso Ikan, Uji Hedonik

Abstract

Bakso merupakan salah satu jenis olahan daging ikan yang sangat digemari seluruh lapisan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesukaan terhadap pengolahan bakso ikan dengan cara uji hedonik menurut indikator warna, aroma, tekstur dan rasa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Experimental dan kuesioner yang diberikan oleh panelis. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan bandeng (Chanos chanos) dan ikan cakalang (Katsuwonus pelamis). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa panelis menyatakan sangat suka bobot nilai 4 pada bakso ikan bandeng dari segi warna, aroma dan rasa serta suka bobot nilai 3 pada tekstur. Sedangkan pada bakso ikan cakalang panelis menyatakan sangat suka dengan bobot nilai 4 pada aroma dan tekstur serta suka bobot nilai 3 pada warna dan rasa. Hal ini menunjukkan bahwa panelis lebih menyukai bakso ikan bandeng dibanding bakso ikan cakalang. Sedangkan hasil dari evaluasi terhadap pengolahan dari dua jenis bakso ikan yang berdasarkan SNI 01-7266.1-2006, meliputi indikator warna, aroma, tekstur dan rasa menunjukkan bahwa bakso ikan bandeng (Chanos chanos) cenderung lebih disukai oleh panelis dibandingkan dengan bakso ikan cakalang (Katsuwonus pelamis).

References

Astuti Puji, (2014). Praktek Analisis Mutu Pangan Uji Kesukaan Terhadap Dua Sampel Kue Pastel Yang Berbeda Menggunakan Uji Hedonik. http://www.academia.edu/9997427. (20 Agustus 2019)

Rukka, H. 2006. Teknologi Penangkapan Pilihan Untuk Ikan Cakalang (Katsuwonnus pelamis) di Perairan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan.

Rahayu, W. P. 2001. Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik. Jurusan Teknologi Pangadan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. IPB. Bogor.

Rahayu, W. P. 2001. Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik. Jurusan Teknologi Pangadan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. IPB. Bogor.

Setyaningsih et al. 2010. Tinjauan Pustaka Belut (Monoptherus zuieuw).

Saparinto. 2006. Membuat Aneka Olahan Bandeng. Penebar Swadaya. Jakarta

Standar Nasional Indonesia. 2006. Bakso Ikan Beku SNI 01-7266.1-2006. Badan Standarisasi Indonesia. Jakarta.

Standar Nasional Indonesia. (2011). Petunjuk Pengujian Organoleptik dan atau Sensori Pada Produk Perikanan BSN. SNI 2346:2011. Badan Standarisasi Indonesia. Jakarta.

Widyningsih, T. D. dan E. S. Martini. (2006). Alternatife Pengganti Formalin Pada Produk Pangan. Trubus Agrisarana, Surabaya.

Published
2024-04-25
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.