Pengaruh Penambahan Probiotik Berbeda Pada Pakan Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus)

  • Irham Armin Prodi Ilmu Perikanan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • surianti surianti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Hasrianti Harianti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Tilapia, Feed, Growth, Probiotics, Survival

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh perbedaan penggunaan jenis probiotik dan tanpa penggunaan probiotik terhadap kelangsungan hidup ikan nila, Mengetahui pengaruh perbedaan penggunaan jenis probiotik dan tanpa penggunaan probiotik terhadap pertumbuhan ikan nila, Mengetahui perbedaan efesiensi pemanfaatan pakan berdasarkan penggunaan probiotik yang berbeda dan tanpa menggunakan probiotik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan percobaan rancangan acak lengkap dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan, sehingga terdapat 9 satuan percobaan. Perhitungan pengukuran sample hewan uji sebanyak 4 kali selama 40 hari. Data akan dianalisis menggunakan analisis iragam (ANOVA), apabila data berpengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji lanjut W-Tuckey untuk menentukan perlakuan yang menghasilkan respon terbaik.

Simpulan penelitian ini adalah yang pertama penambahan probiotik pada pakan memberikan hasil performa pertumbuhan dan tingkat kelangsungan ihidup ikan yang lebih baik daripada ikan yang diberi pakan tanpa pemberian probiotik, kedua pemberian pakan dengan penambahan probiotik ( buatan dan komersil ) dapat meningkatkan kelangsungan hidup ikan nila, hasil terbaik diperoleh pada perlakuan A (100%) dan B (96,67%) dan C ( 63,33% ), dan ipemberian ipakan dengan penambahan probiotik buatan, komersil, dan tanpa penambahan probiotik (kontrol) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efesiensi pakan. Efesiensi pakan terendah yaitu pada perlakuan A (0.79%).

References

Arief, M. 2013. Pemberian Probiotik yang berbeda pada Pakan Komersil terhadap Pertumbuhan Retensi Protein dan Serat Kasar pada kan Nila(Oreochromis sp). Argoveteriner., 1 (2): 88-93 hlm

Arief, M., N. Fitriani dan S. Subekti. 2014. Pengaruh Pemberian Probiotik Pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan kan Lele Sangkuriang(Clarias sp.). Jurnal lmiah Perikanan danKelautan. 6 (1):49-53.

Banu, Ms. R., S. Akter, Md. R. slam, Md. N. Mondol and Md. A. Hossain. 2020. Probioticy easten hanced growth performance and disease resistance in fresh water catfish gulsatengra, Mystus cavasius. Aquaculture Reports.16:1-6.

Barus, L, P, B; esje, L; Nursyirwani. 2015. Bakteri Kandidat Dari Uaua kan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.) Untuk PengendalianAeromonas hydrophila. Fakultas Perikanan dan lmu Kelautan Universitas Riau. Riau

Fajri, M, A. 2015. Penambahan Probiotik Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Efisiensi Pakan Benih kan Baung (Hemibagrus nemurus). Skripsi. Fakultas Perikanan dan lmu Kelautan Universitas Riau. Pekanbaru.

Hadijah St, Jayadi, Harlina, Nurkhaliza . 2019. Efektifitas pakan dari bungkil kelapa sawit terhadap sintasan dan pertumbuhan kan nila (Oreochromisniloticus). Journal of ndonesianTropical Fisheries, 2(1): 32-42

Hamdani, S. Waspodo dan A. A. Damayanti. 2018. Penggunaan Probiotik. Jurnal Perikanan.8 (2):16-19

Khaeriyah. A, Murni, & Saiful. (2019). Optimization of Giving Snails n Feed for Growth of Cork Fish Seed (Channa striata). Octopus, 8 (1), 5–12.

Setiaji, J.,J. Hardianto dan Rosyadi. 2014. Pengaruh Penambahan Probiotik Pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Ikan. Jurnal Dinamika Pertanian. 29 (3):307-314.

Suprayudi, M. A. dan M. Setiawati. 2013. Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan kan nila Merah (Oreochomis sp.) Yang Dipelihara pada Media Bersalinitas. Jurnal Akuakultur Indonesia, 2 (1): 27–30.

Published
2024-04-25
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.