PENGARUH TINGKAT PADAT TEBAR PADA KOLAM DENGAN SISTEM PENGAIRAN SEMI TERTUTUP TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

  • Nur Thaufiq Husain Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Damis D Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • hasrianti anti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Air semi tertutup, Ikan Nila, Kualitas air, Pertumbuhan Ikan Nila

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh padat tebar berbeda terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan nila dalam sistem pengairan semi tertutup. Tiga padat tebar yang diuji (10, 20, dan, 30 ekor/m³) dievaluasi selama 40 hari dalam kolam percobaan. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan dalam kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan antar padat tebar. Kelulushidupan cenderung menurun seiring dengan peningkatan padat tebar, dengan padat tebar 10 ekor/m³ memberikan hasil tertinggi (97,66%), diikuti oleh 20 ekor/m³ (86,66%) dan 30 ekor/m³ (81,00%). Pertumbuhan berat dan panjang ikan juga optimal pada padat tebar 10 ekor/m³. Analisis statistik menegaskan bahwa perbedaan antara padat tebar tersebut signifikan, dengan padat tebar 10 ekor/m³ memberikan hasil yang paling optimal. Kualitas air pada semua padat tebar dinilai baik, mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan. Studi ini menggarisbawahi pentingnya padat tebar yang tepat dalam budidaya ikan nila untuk mempertahankan keseimbangan antara pertumbuhan optimal dan kelangsungan hidup.

References

Akbar, S., M. Soemarno dan E. Kusnendar. 2012. Pengaruh Pemberian Pakan yang Berbeda terhadap Pertumbuhan Ikan Kerapu Macan (Ephinephelus fuscoguttatus) pada Fase Pendederan di Keramba Jaring Apung (KJA). Jurnal Teknologi Pangan. 1 (2) : 93-101.

Diansari, RR. dan R. Vanya. 2013. Pengaruh Kepadatan yang Berbeda Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis iniloticus) pada Sistem Resirkulasi dengan Filter Zeolit. Jurnal of Aquaculture Management and Technology. 2 (3).

Effendie, M. I. 2002. Metode Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama. Yogyakarta.

Khairuman dan K. Amri. 2013. Budidaya Ikan Nila. Agromedia. Jakarta.

Nan, FH., Agus Putra., B Margie., MC Lee. 2015. The effects of Curcuma zedoaria and Zingiber zerumbet on non-specific immune responses of grouper Epinephelus coioides. Iranian Journal of Fisheries Science. 14 (3): 598-611.

Pardiansyah, D, W.Oktarini dan S. Martudi. 2018. Pengaruh Peningkatan Padat Tebar Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Menggunakan Sistem Resirkulasi. Jurnal Agroqua. 16 (1) : 81-86.

Riana, M., M.F. Ismail dan M. Syahril. 2021. The Effect of Difference Stocking Densities on Growth and Survival Rate of Tilapia (Oreochromis iniloticus) Fry. Jurnal Ilmiah Samudra Akuatika. 5 (2) : 60-65.

Widiastuti, I.M. 2019. Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup (Survival Rate) Ikan Mas (Cyprinus carpio) yang Dipelihara dalam Wadah Terkontrol dengan Padat Penebaran yang Berbeda. Media Litbang Sulteng 2 (2) : 126-130.

Published
2024-04-25
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.