UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK MELALUI DIGITALISASI (STUDI KASUS DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALEMBANG)

  • Dian Anggraini
Keywords: Kualitas, Digitalisasi, Pelayanan Publik

Abstract

Digitalisasi berarti pemanfaatan IPTEK dalam penyelenggaraan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah, khususnya pelayanan publik kepada masyarakat. Kota Palembang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang telah melakukan digitalisasi pelayanan publik. Hal ini terlihat pada salah satu badan pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang dengan wujud nyata Mall Pelayanan Publik. Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Pemerintah Kota Palembang Berupaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Digitalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada hasil observasi dan wawancara dari berbagai pihak terkait dengan rumusan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan karakteristik kualitas pelayanan publik yaitu adanya bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang dapat disimpulkan DPMPTSP Kota Palembang telah melaksanakannya secara optimal dan Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting bagi kemajuan pelayanan publik di Kota Palembang, selanjutnya penelitian ini mendukung kemampuan serta keterampilan sumber daya manusia terutama pengelola digitalisasi dinas.

 

Published
2023-07-18
How to Cite
Anggraini, D. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK MELALUI DIGITALISASI (STUDI KASUS DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA PALEMBANG). PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 11(2), 109-120. https://doi.org/10.55678/prj.v12i1.1040
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.