KINERJA APARATUR DALAM PENGANGGULANGAN DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI KELURAHAN SUMUR BATU)
Abstract
Pandemi Covid-19 telah melanda di Indonesia pada awal tahun 2020 dimana pemerintah pusat menginstruksikan kepada bawahannya untuk melakukan sosialisasi. Begitu pula dengan Kelurahan Sumur Batu beserta jajarannya melakukan kolaborasi dengan berbagai kalangan agar menemukan formulasi yang tepat untuk menghadapi pandemi covid-19. Terdapat beberapa strategi seperti sosialisas, komunikasi pihak terkait hingga salah satu yang di gunakan melalui pelaksanaan program vaksinasi virus corona. Tujuan dari peneliti adalah ingin mengetahui sejauh mana pelayan dan kendala yang dihadapi pemerintah dalam hal ini kelurahan mengenai pelayanan publik di era pandemi pada kelurahan sumur batu yang terletak pada kota administrasi Jakarta pusat, kecamatan kemayoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan penelitian dokumen yang ada di lapangan. Melihat pada program dan realisasi dilapangan bahwa pelayanan yang prima akan berdampak baik pada kalangan Masyarakat itu sendir. Peneliti melihat pada kinerja aparatur sipil kelurahan dalam sebuah pelayanan sudah dapat dikatakan efektif. Banyak hal agar dapat meningkatkan kualitas pegawai salah satu cara penguasaan teknologi dan penambahan tenaga pegawai sehingga tujuan dari pelayanan publik dapat tetap prima.