KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN BERBASIS DIGITAL DI DESA BULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • St Nur Rahmah KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG
  • Muliani S Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Andi Nilwana Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Ikbal Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Penigkatan Kualitas Layanan berbasis Digital

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk menganalisis Kepemimpinan Transformasional dalam Peningkatan Kualitas Layanan Berbasis Digital di Desa Bulo Kabupaten Sidenreng Rappang.. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, video, berita pendek dari sumber terpercaya dan media lainnya. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dengan alat analisis menggunakan NVIVO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional mempunyai dampak positif terhadap kinerja individu dan kelompok dalam organisasi. Penerapan kepemimpinan transformasional dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi organisasi, termasuk peningkatan produktivitas kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan inovasi. Kepemimpinan Transformasional merupakan upaya yang dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan berbasis digital.

 Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Penigkatan Kualitas berbasis Digital

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kepemimpinan Transformasional dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis Digital di Desa Bulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, video, berita singkat dari sumber terpercaya dan media lainnya. Teknik analisis data menggunakan alat analisis kualitatif dengan menggunakan NVIVO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memberikan dampak positif terhadap kinerja individu dan kelompok dalam organisasi. Penerapan kepemimpinan transformasional dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi organisasi, antara lain peningkatan produktivitas, kemampuan beradaptasi terhadap perubahan dan inovasi. Kepemimpinan Transformasional merupakan upaya yang dapat mendorong peningkatan kualitas layanan berbasis digital.

 Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Peningkatan Kualitas Berbasis Digital

Published
2024-05-29
How to Cite
Rahmah, S. N., S, M., Nilwana, A., & Ikbal, M. (2024). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN BERBASIS DIGITAL DI DESA BULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 12(1), 27-38. https://doi.org/10.55678/prj.v12i1.1267

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.