ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KELURAHAN PUSPANEGARA
Abstract
Pelayanan publik merupakan salah satu tanggungjawab dan harus dijalankan oleh institusi pemerintah, baik itu di tingkat pusat, daerah, maupun desa. Salah satu aspek penting dari pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah yaitu pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik yang sudah seharusnya menjadikan pelayanan publik sebagai sebuah prioritas strategis, karena hal ini terkait dengan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tingkat kualitas layanan publik dalam penyediaan air bersih di Kelurahan Puspanegara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Lenvine mengenai kualitas pelayanan yang terdiri dari tiga variabel yaitu responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Selain itu, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif berbentuk deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil daril penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dalam penyediaan air bersih di Kelurahan Puspanegara memiliki pelayanan yang sudah maksimal karena pihak kelurahan sudah cepat dan tanggap dalam menangani masyarakatnya. Akan tetapi di satu sisi masih memiliki kekurangan karena kurangnya informasi yang diberikan pihak Kelurahan Puspanegara mengenai bantuan air bersih.
References
Fallo, A. R. (2023). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK AIR BERSIH (STUDI PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DAERAH PERKOTAAN DI KOTA KUPANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR). Jurnal Administrasi Publik, 18(2), 51–61.
Hanafiah, A., & L, M. A. D. (2023). EVALUASI KEBIJAKAN SANITASI AIR DALAM UPAYA PENYEDIAAN AIR BERSIH BAGI MASYARAKAT ( Studi : Pada Desa Weekurra , Kecamatan Wewewa Barat , Kabupaten Sumba Barat Daya , Provinsi Nusa Tenggara Timur ). 5 (2), 18–27.
Hartono. (2018). Peranan Pemerintah Desa Dalam Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Di Desa Lompad Baru Kecamatan Ranoyapo Kebupaten Minahasa Selatan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 1–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/26247
Hidayah, R. N., Khoiron, & Suyeno. (2023). MANAJEMEN PENGELOLAAN AIR BERSIH DESA ( Studi Tentang Pelayanan Air oleh Badan Pengelolaan Sarana Air Bersih Desa Tambakasri Kab. Malang). Jurnal Respon Publik, 17(8), 67–79.
Irawan, A., Salam, S. F., & Mahuze, I. R. (2022). Analisis Pelayanan Penyediaan Air Minum dan Bersih di Kabupaten Merauke. Jurnal Administrasi, 01, 1–10. https://www.jurnal.stiakdmerauke.ac.id/index.php/jakd/article/view/4
Kairupan, S. B., Mokat, J. E. ., & Pakasi, K. M. (2020). Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum dalam Penyediaan Air Bersih di Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara (JURNAL ADMINISTRO), 1(2), 41–44. https://doi.org/10.36412/jan.v1i2.1636
Lestari, A. (2019). Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dalam Penyediaan Air Bersih Kepada Masyarakat Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 7(4), 1887–1900. ejournal.ipfisip-unmul.ac.id %0D
Misna, Mattalitti, M. I., & Ma’ruf, A. A. (2021). Analisis Pengelolaan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Desa Boro-Boro Lameuru kecamatan Ranomeeto. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Politik, 1(1), 49–58.
Nazarudin, N., & Utami, D. (2022). Distribusi Air Bersih Perusahaan Daerah Air Minum Pancuran Telago Menuju Peningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Politik Dan Pemerintahan Daerah, 4(2), 183–193. https://doi.org/10.36355/jppd.v4i2.54
Razikin, A. (2010). Analisis Kinerja Pelayanan Publik PDAM Surakarta di Kecamatan Jebres. 1–86. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/13709/Analisis-kinerja-pelayanan-publik-PDAM-Surakarta-di-kecamatan-Jebres
Roza, V. D. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN INUMAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Lintas Batas, 6(1), 128–137.
Satlita, L. (2024). KUALITAS PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM ( PERUMDAM ) KABUPATEN TANGERANG QUALITY OF CLEAN WATER PROVISION SERVICES IN REGIONAL DRINKING. 09.
Supardi, K. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Penyediaan Air Bersih) Di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau.
Supranto, J. (2006). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. PT. Rineka Cipta.
Tilome, A. A., Idji, R. A., & Lakoro, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Penyediaan Air Bersih Di Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(1), 13. https://doi.org/10.31314/pjia.6.1.13-22.2017
Tjiptono. (2005). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. CAPS.
Wulandari, N. sandra ayu. (2019). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Penyedia Air Bersih Oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 15(2), 1–23.
Yamit, Z. (2007). Manajemen Kualitas Produk Pelayanan dan jasa. Ekonesia.
Yuliani, Y. (2015). Kinerja Pelayanan Air Bersih Berbasis Masyarakat Di Kelurahan Tugurejo. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 10(3 September), 248–264.