POLITICAL PEDAGOGY: OPTIMALISASI TIKTOK KPU SUMATERA SELATAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN POLITIK GENERASI Z

  • Rachma Widyanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Amaliatulwalidain Amaliatulwalidain Universitas Indo Global Mandiri
  • Dwiki Adi Putra Universitas Indo Global Mandiri
Keywords: Generasi Z, KPU, Pedagogi Politik, TikTok

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap peran konten digital KPU Provinsi Sumatera Selatan dalam meningkatkan pengetahuan politik Generasi Z menjelang pemilihan presiden 2024. Menggunakan teori Pedagogy Politik sebagai bagian dari pedagogi kritis, penelitian ini menyoroti bagaimana kekuasaan dan wewenang berperan dalam membentuk pengetahuan politik secara positif. Dengan metode campuran (mix method) kualitatif dan kuantitaif, pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan penelitian ini ialah melakukan observasi, wawancara bersama Gen Z seperti  beberapa mahasiswa/i Sumatera Selatan dan menyebarkan kuesioner kepada siswa/siswi SMA/K Sumatera Selatan serta melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian Generasi Z memahami konten KPU; 2) banyak yang menggunakan TikTok lebih untuk hiburan; 3) KPU telah berupaya keras untuk menyampaikan informasi politik melalui konten digital. Kesimpulannya, meskipun kuesioner menunjukkan Generasi Z memahami konten KPU, wawancara mengungkapkan masih ada yang belum tahu atau memahami keberadaan konten tersebut di TikTok. Perbedaan tingkat pemahaman media sosial di antara individu menjadi batasan penelitian ini.

Published
2024-11-04
How to Cite
Widyanti, R., Amaliatulwalidain, A., & Adi Putra, D. (2024). POLITICAL PEDAGOGY: OPTIMALISASI TIKTOK KPU SUMATERA SELATAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN POLITIK GENERASI Z. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 12(3), 236-248. https://doi.org/10.55678/prj.v12i3.1654

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.