PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DESA TIMORENG PANUA KECAMATAN PANCA RIJANG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
Abstract
Abstract
This study aims to determine whether bureaucratic behavior and public services have a significant influence in the Timoreng Panua Village, Sidenreng Rappang Regency.The population of this study is the whole community who received service in the village of Timoreng Panua, Sidenreng Rappang district, as for the population taken from November 2018 - January 2019, totaling 57 people. The sample in this study is saturated sampling. This type and type of research is quantitative descriptive. Data collection techniques used in this study are Observation, Documentation, Questionnaire, Library Study. The collected data was then analyzed using frequency tabulation analysis and SPSS 16.0. The results of this study for indicators of Bureaucratic Behavior show 61.9% of the amount of data produced is in the "good" category. And on the Public Service indicator shows 64.84% of the amount of data produced is in the "good" category. Based on the results of bureaucratic behavior towards public services in the Timoreng Panua village office in Sidenreng Rappang Regency, it has an influence of 24.0% with the category "less good".
References
Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Administrasi Publik Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.
Aprilia. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfbeta.
A, Parasuraman. 2001. The Behaviorial Consequenses Of Service Quality, Jurnal Of Marketing. Vol 60.
Dwiyanto, A. 2006. Mewujudkan Good Geovernance. Yogyakarta: UGM Press..
Hayat. 2016. Peneguhan Reformasi Birokrasi melalui Penilaian Kinerja Pelayanan Publik. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Kalsen, Hans. 2006. Teori Utama Tentang Hukum dan Negara, PT. Raja Grafindo Persada Bandung.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemesaran, Jakarta: Prehllindo.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.
Magnis, Franz. 1988. Etika Politik Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern, Jakarta: Prehllindo.
Mustafa, Delly. 2014. Birokrasi Pemerintahan.Bandung. Alfabeta.
Mulyadi dan Setiawan. 2001. Efektifitas Pelayanan Publik. Pratama. Surabaya
Nawawi, Z. 2015. Manajemen Pemerintahan. Jakarta: RajaGrafindo.
Nasution. 2004. Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara. Jakarta.
Nurmandim. 2005. Perilaku Birokrasi Publik di Indonesia. Sebuah Kajian Teoritis, 7, 143 - 157
Oktamiati. 2017. Persepsi Masyarakat terhadap Perilaku Birokrasi di Kelurahan Kadidi Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. STISIP M Rappang.
Pananrangi, A.R. & Marlinah. 2017. Etika Birokrasi. Makassar: Sah Media.
Poewadarminta W.J.S. 1986. Kamus Besar Umum Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Ratminto & Septi, W. A. 2016. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Razak, M. R. R. (2020, March 9).
Pemanfaatan Teknologi Informasi
dalam Optimalisasi Pelayanan Publik
dan Potensi Desa.
https://doi.org/10.31219/osf.io/nfhu9
Razak, M.R.R;Harfiah, S. (Universitas M. S. R. (2018). Partisipasi Masyarakat di Daerah Pegunungan terhadap Perwujudan Good Governance. Akmen Jurnal Ilmiah, 15(3), 476–486.
Robert. 2016. mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. ilmu politik dan komunikas, VI, 8.
Said, S. & Haedar, A. 2018. Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang. Makassar: Sah Media.
Samad, Zainuddin. 2016. Birokrasi dalam Pelayanan publik. Yogyakarta. Penerbit Ombak.
Sellang, Kamaruddin. 2016. Administrasi dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Saragih, 2010. Pengaruh Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17, 43-51.
Setiawan, I. 2014. Rekonstruksi Birokrasi Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Widya Mandala.
Sinambela, & Poltak, L. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa, Penerbit Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Penerbit Andi. Yogyakarta..
Thoha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Warella. 2004. kualitas pelayanan publik. dialogue, 1, 113.
Widodo, Joko. 2001. Good Governance: Telaah dari Dimensi: Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah, Insan Cedekia. Surabaya.
Yusriadi, & Misnawati. 2017. Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Ilmiah Ilmu Administrasi Publik , 104.
Zainuddin. 2017. Teori-Teori Mutakhir Dalam Perspektif Ilmu Administrasi Publik. Makassar: Phinatama Media
Dokumen :
Al-Qur’an Surah An-Nisa.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang Nomor 63 Tahun 2003 tentang Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara.