ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL: PENERAPAN E-KATALOG DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA DI INDONESIA
Abstract
Proses pengadaan barang dan jasa berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, salah satu wujud inovasi pengadaan barang dan jasa adalah program e-katalog (elektronik katalog). E-katalog ini merupakan wujud strategi LKPP dalam menekan korupsi pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Namun, penggunaan e-katalog lokal belum menyeluruh digunakan oleh pemerintah daerah. Hal ini salah satunya disebabkan salah satunya karena kurangnya penyebaran informasi. Oleh karena itu, peneliti dalam hal ini menggunakan analisis sentimen media sosial twitter. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data didapatkan dari website netlytic untuk mengumpulkan data percakapan twitter yang akan dikelompokkan pada report/hasil. Gambaran yang diberikan terkait posters over time, top ten posters dan top users (based on in-out degree centrality). Hasil penelitian yaitu dengan menggunakan analisis sentimen media sosial twitter diperoleh 60 percakapan yang dapat membuktikan bahwa pemerintah dianggap kurang aktif menyebarluaskan informasi terkait kehadiran e-katalog. Oleh karena itu, pemerintah perlu untuk memilih strategi yang tepat demi keberlanjutan e-katalog kedepannya.
Kata Kunci: Pengadaan barang dan jasa, e-katalog, Analiis media sosial, kualitas pelayanan
References
Media Sosial