ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL: PENERAPAN E-KATALOG DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA DI INDONESIA

  • Nuryanti Mustari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Wahdania Suardi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ulfiah Syukri Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: E-katalog, Digitalisasi Pelayanan, Pengadaan Barang dan Jasa, Analisis Sentimen Media Sosial, twitter

Abstract

Proses pengadaan barang dan jasa berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, salah satu wujud inovasi pengadaan barang dan jasa adalah program e-katalog (elektronik katalog). E-katalog ini merupakan wujud strategi LKPP dalam menekan korupsi pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Namun, penggunaan e-katalog lokal belum menyeluruh digunakan oleh pemerintah daerah. Hal ini salah satunya disebabkan salah satunya karena kurangnya penyebaran informasi. Oleh karena itu, peneliti dalam hal ini menggunakan analisis sentimen media sosial twitter. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data didapatkan dari website netlytic untuk mengumpulkan data percakapan twitter yang akan dikelompokkan pada report/hasil. Gambaran yang diberikan terkait posters over time, top ten posters dan top users (based on in-out degree centrality). Hasil penelitian yaitu dengan menggunakan analisis sentimen media sosial twitter diperoleh 60 percakapan yang dapat membuktikan bahwa pemerintah dianggap kurang aktif menyebarluaskan informasi terkait kehadiran e-katalog. Oleh karena itu, pemerintah perlu untuk memilih strategi yang tepat demi keberlanjutan e-katalog kedepannya.

Kata Kunci: Pengadaan barang dan jasa, e-katalog, Analiis media sosial, kualitas pelayanan

References

Media Sosial

Published
2022-10-26
How to Cite
Mustari, N., Suardi, W., & Syukri, U. (2022). ANALISIS SENTIMEN MEDIA SOSIAL: PENERAPAN E-KATALOG DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA DI INDONESIA. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 10(3), 193-200. https://doi.org/10.55678/prj.v10i3.702

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.