Implementasi Big Data Dalam Program Digitalisasi Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Karawang
Abstract
Pemerintah telah menginisiasi Mall Pelayanan Publik sebagai inovasi dengan misi mengutamakan kepentingan publik, memfasilitasi urusan publik, dan mewujudkan kepuasan publik. Salah satu layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Karawang adalah pendaftaran antrian secara online melalui website MPP Kabupaten Karawang, yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan nomor antrian layanan yang dituju tanpa harus mengantri panjang di MPP Kabupaten Karawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana program digitalisasi antrian online melalui website MPP Kabupaten Karawang digunakan. Peneliti menggunakan teori dari T.B. Smith dalam penelitian ini, dan metode yang digunakan adalah kualitatif bersifat naratif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi
References
Dian Permana, M. D., Wasistiono, S., & Nurnawati, E. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR (SISUMAKER) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN MINAT PENGGUNA DIKOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 48(1), 91–102. https://doi.org/10.33701/jipwp.v48i1.2675.
DPMPTKP1. (2019). Pelayanan Publik [daring]. Tersedia : https://dpmpt.kulonprogokab.go.id/detil/508/pelayanan-publik [7 April 2023].
Fiorendo Dhimas Samudra, D., & Taufikurahman, I. (2022.). JURNAL ACADEMIA PRAJA https://ejournal.fisip.unjani.ac.id/index.php/jurnal-academia-praja INOVASI PELAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI APLIKASI PORTAL INFORMASI PEMKAB NGANJUK (PING).
Irawan, B., Nizar Hidayat, M., Prasetyo Sudiro, A., & Wibowo Hului, H. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Evaluasi Website Menggunakan Sortsite 5.3.5 Pada Website “Mal Pelayanan Publik” Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 954–964. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.10658.
Islamy, Irfan. (2020). Prinsip- Prinsip perumusan Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara, Jakarta.
Juanda, M. R. F., Dayat, U., & Adiarsa, S. R. (2022). Efektivitas Program Aplikasi Sambara Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kota Bogor. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 10(2), 93-99.
MPP Kabupaten Karawang. (2021). Mall Pelayanan Publik Kab. Karawang [daring]. Tersedia : mpp.karawang.go.id [6 April 2023].
Salma. (2022). Mengenal 12 Jenis Penelitian Kualitatif Beserta Penjelasan Lengkapnya [daring]. Tersedia : https://penerbitdeepublish.com/jenis- penelitian-kualitatif/ [6 April 2023].
Siregar, N. (2022). MENENTUKAN MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DALAM MENGANALISIS PENYELENGGARAAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR (PKA). JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL, 1(7), 713-722.
Yunaningsih dkk., (2021) Putra, M. H., Karawang, A. K., Jawa, P., Program, B., Administrasi, S., & Daerah, P. (t.t.). EFEKTIVITAS MALL PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) PADA BIDANG PEMBANGUNAN DI KABUPATEN KARAWANG PROVINSI JAWA BARAT.
Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi (Vol. 3, Nomor 1). http://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336.