Perubahan Fisik Penyimpanan Tomat

Main Article Content

Muhanniah Muhanniah
Nurul Frasiska
Fauziah Fauziah
Mudasirah Mudasirah
Vivi Andrianti

Abstract

Buah dan sayur merupakan salah satu pangan yang mudah mengalami kerusakan akibat adanya kontaminan atau metabolisme buah dan sayur yang terus berlangsung setelah pemanenan. kerusakan buah sangat mempengaruhi kualitas mutu fisik dan nilai gizi buah, sedangkan konsumen selalu menginginkan buah dalam keadaan segar. Tujuan penyimpanan ini adalah untuk mengatahui perubahan fisik (berat, warna, tekstur dan ada tidaknya air pada kemasan) selama 5 hari. Berat tomat pada kemasan plastik yang memiliki lobang didapatkan berat tomat mengalami penurunan berat semakin lama penyimpanan dapat mempengaruhi penurunan berat. Sedangkan berat tomat pada  kemasan plastik yang memiliki lobang mengalami  penurunan  selama  penyimpanan. Tekstur tomat pada kemasan plastik tanpa lobang dan plastik yang memiliki lobang didapatkan tekstur yang sama yaitu semakin lama penyimpanan maka akan mempengaruhi penurunan kekerasan tomat. Warna tomat pada kemasan plastik tanpa lobang dan plastik yang memiliki lobang didapatkan warna yang sama. Terdapat uap air pada kemasan bahan, baik pada kemasan plastik yang dilubang maupun kemasan plastik tanpa lubang.

Article Details

Section
Articles

References

Agus, 2007. Pengaruh Lama Waktu Ozonisasi Terhadap Umur Simpan Buah Tomat (Lycopersicum esculentum Mill). Pusat Teknologi Akselerator dan Proses Bahan :237-239.
Mangaraj, S., Goswami T.K., Mahajan P.V.(2009). Applications of Plastic Films for Modified Atmosphere Packaging of Fruits and Vegetables: A Review. Food Engineering Reviews, 1(2), 133- 158.
Rochman. 2007 . Kajian Teknik Pengemasan Buah Pepaya Dan Semangka Terolah Minimal Selama Penyimpanan Dingin.[Tesis]. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor: 48
Santoso.2006. Teknologi Pengawetan Bahan Segar. Laboratorium Kimia Pangan Fakultas UWIGA. Malang hal 27.
Soembayo . 2010. Pengaruh Uap Air Pada Buah Yang Dikemas. Jurnal Teknik Energi. 2(1), 289.
Surhaini. 2009. Keberadaan Tomat Menjadi Sumber Penghasilan Warga Desa. Jurnal Industry. 3(2), 322-325.
Syamsuddin, S. (2003). Pengaruh Bahan Kemasan Terhadap Tingkat Kematangan dan Umur Simpan Buah Tomat Yang Dikemas. Bulletin Penelitian, 37-38.