Penganekaragaman Pangan Olahan Jagung Manis Sebagai Upaya Pengembangan Agroindustri di Desa Mario

Main Article Content

Minarsi Minarsi

Abstract

Jagung merupakan salah satu produk pertanian yang bisa dikembangkan sebagai produk agroindustri, karena daya saing yang dimiliki komoditas jagung di skala nasional cukup baik. Selain itu, jagung merupakan komoditas yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi sehingga nilai jual jagung juga cukup meningkatkan nilai ekonomis komoditas tersebut, Jagung merupakan salah satu jenis agroindustri yang menjadi potensi unggulan Desa Mario, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidrap. Kegiatan pengabdian yang dilakukan ini bertujuan meningkatkan produktivitas masyarakat melalui pengembangan agroindustri yang dimiliki desa dengan mengenalkan dan mempraktikan cara mengolahnya sehingga menjadi produk yang berkualitas sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa tersebut. Metode yang digunakan berupa penyuluhan, praktek dan pendampingan bagaimana mengolah jagung menjadi olahan pangan seperti keripik jagung, kemudian pengemasan, mengurus perijinan dan sampai pada pemasarannya.

Article Details

Section
Articles

References

A. Agustian.,2014. Daya saing komoditas padi, jagung, dan kedelai dalam konteks pencapaian swasembada pangan,Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. [Online]. Available: http://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/PB_ ANJAK_ADG_2014.pdf. [Accessed: 05-Jan- 2017].
A. Suharjo.,1990. Konsep dan Ruang Lingkup Agroindustri,” Bogor.
BPS, 2018. Karanganom Dalam Angka. Klaten: BPS.
Disperindag., 2004. Program dan Strategi Pembangunan Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan. Jakarta: Direktorat Jenderal Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan (IKAH) 2000-2004.
K. Kutasari, N. Aini, and B. Sustriawan., 2018. IPTEK Bagi Masyarakat Perbaikan Teknologi Pengolahan Jagung bagi Kelompok Wanita Tani di, J-DINAMIKA,(3) (2), pp. 153–158.
M. E. Saputra., 2015. Cara Pengolahan Jagung Manis Menjadi Berbagai Jenis Makanan, J. Ecopedon, (3) (1), pp. 107–111.
M. J. Arma, U. Fermin, and L. Sabaruddin., 2013. Pertumbuhan dan produksi jagung (Zea mays L.) dan kacang tanah (Arachis hypogaea L) melalui pemberian nutrisi organik dan waktu tanam dalam sistem tumpangsari, Jurnal Agroteknos,(3) (1) pp. 1–7.
M. Mahdiannoor., 2014. Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays L. Var. Saccharata) Dengan Pemberian Pupuk Hayati Pada Lahan Rawa Lebak, Jurnal Ilmu Pertanian (39)(1), pp. 105–113.
N. Aini., 2013. Teknologi Fermentasi pada Tepung Jagung. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.
P. Simatupang and A. Purwanto.,1990. Pengembangan Agroindustri Sebagai Penggerak Pembangunan Desa. Prosiding Agroindustri Faktor Penunjang Pembangunan Pertanian di Indonesia. Bogor: Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian.
Y. E. Wijaya and O. Karneli., 2017. Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga terhadap kepuasan Pelanggan (Studi pada pelanggan Kenctuky Fried Chiken (KFC) Metropolitan City Pekanbaru,” JOM FISISP, (4) (2), pp. 1–15.